Berita

Nadiem Makarim Bertemu Megawati Soekarnoputri, Ini yang Dibahas

Rabu, 21 April 2021 - 16:23
Nadiem Makarim Bertemu Megawati Soekarnoputri, Ini yang Dibahas Nadiem Makarim dan Ketum Umum PDIP saat melakukan pertemuan di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. (FOTO: Instagram/Nadiem Makarim)

TIMES SUBANG, JAKARTAMendikbud RI Nadiem Makarim melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Selasa (20/4/2021) kemarin. Pertemuan itu dilakukan di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Yang mana, dalam agenda itu, Nadiem dan Megawati membahas terkait hilangnya kurikulum Pancasila dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Megawati mengatakan, mata pelajaran Pancasila dan Bahasa Indonesia wajib masuk dalam kurikulum semua jenjang Pendidikan. Kata dia, Pancasila dapat menjadikan generasi muda tidak kehilangan jati dirinya.

"Selain sebagai dasar dan ideologi negara kita, Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia, sehingga kalau menurut saya mata pelajaran Pancasila itu wajib masuk dalam kurikulum pendidikan di semua jenjang," katanya dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyampaikan, Pancasila adalah dasar dari segala peraturan yang ada di Indonesia. Dalam UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sudah mencantumkan Pancasila sebagai mata kuliah wajib di perguruan tinggi.

Karenanya, lanjut dia, seharusnya penyusunan PP Nomor 57 tahun 2021 juga dapat menyesuaikan dengan aturan dalam UU Nomor 12 tahun 2012.

"Selain itu dalam UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi juga sudah diatur mata kuliah Pancasila sebagai mata kuliah wajib, mestinya yang dilakukan pemerintah dalam membentuk PP 57 tahun 2021 juga merujuk kepada UU 12 tahun 2012 tersebut bukan malah melanjutkan kekosongan hukum pada UU Sisdiknas tersebut," ujarnya.

Nadiem Makarim kemudian sepakat untuk mewajibkan mata pelajaran Pancasila dalam revisi PP Nomor 57 Tahun 2021.

"Sikap saya selaku Mendikbud setuju agar mata pelajaran Pancasila dimasukan dalam revisi PP 57 tahun 2021 dengan nama mata pelajaran 'Pancasila dan Kewarganegaraan'," ujar Nadiem.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim menyambut baik hasil diskusi dengan Megawati Soekarnoputri dan menyetujui agar dalam revisi PP 57 tahun 2021 akan memasukan mata pelajaran Pancasila dalam Standar Pendidikan Nasional. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Subang just now

Welcome to TIMES Subang

TIMES Subang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.