TIMES SUBANG, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali gencar mempromosikan pesona wisatanya. Bertempat di The Alana Hotel Malang, gelaran Pacitan Tourism Exchange (PTE) sukses menyita perhatian para pelaku pariwisata di wilayah Jawa Timur bagian timur.
Ini menjadi event keempat dari rangkaian promosi PTE yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan.
Suasana saat ribuan peserta PTE tengah mempromosikan (FOTO: Disparbudpora For TIMES Indonesia)
Sebanyak 35 seller yang merupakan pelaku usaha pariwisata Pacitan, mulai dari pengelola destinasi, hotel, homestay, hingga tour operator, Rabu (18/6/2025) lalu, hadir untuk mempromosikan produknya secara langsung.
Mereka disambut antusias oleh 78 buyer yang berasal dari berbagai kota besar seperti Malang, Batu, Kediri, Pasuruan, Surabaya dan Sidoarjo.
Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Pemasaran Pariwisata Disparbudpora Pacitan, Rakhmad Adi Mandego, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi memperluas jaringan promosi wisata.
"Kami menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan dari kawasan timur Jawa Timur, terutama Malang Raya dan Surabaya. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun kerja sama konkret antara pelaku usaha wisata Pacitan dengan para agen perjalanan di wilayah ini," ujarnya. Jumat (20/6/2025).
Foto bersama peserta dan panitia PTE di Malang (FOTO: Disparbudpora For TIMES Indonesia)
Acara yang berlangsung semarak. Dalam format table top, para buyer diberi kesempatan bertatap muka langsung dan berdiskusi dengan para seller, menjajaki kerja sama paket wisata, serta membangun kemitraan.
Hasilnya pun cukup membanggakan ribuan paket wisata Pacitan berhasil terjual dan dipesan, sebagai tindak lanjut dari penjajakan kerja sama yang dilakukan dalam acara tersebut.
Salah satu agen perjalanan asal Kota Malang, Eddy, mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan acara ini.
"Makasih atas acaranya. Meriah, semua gembira. Mari kita jual paket Pacitan agar lebih dikenal masyarakat Malang. Karena memang sangat menjanjikan, destinasi wisatanya ternyata sudah sangat bagus dan tertata dengan baik. Sukses selalu untuk semuanya,” ungkapnya dengan antusias.
Tidak hanya menghadirkan transaksi bisnis, PTE juga menampilkan berbagai atraksi budaya dan suguhan kuliner khas Pacitan sebagai bentuk promosi menyeluruh atas potensi wisata yang dimiliki.
Peserta yang hadir pun tampak menikmati suasana hangat dan penuh kekeluargaan yang dibalut dengan nuansa profesionalisme tinggi.
Event ini merupakan lanjutan dari tiga penyelenggaraan sebelumnya di kota-kota besar lain, dan ke depan direncanakan akan terus berlanjut ke wilayah strategis lain guna memperluas pasar wisatawan domestik.
Dengan komitmen dan semangat kolaborasi yang tinggi, Pemerintah Kabupaten Pacitan terus menunjukkan keseriusannya dalam menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif ekonomi daerah.
Melalui Pacitan Tourism Exchange, harapan besar tersemat agar keindahan alam, budaya, dan keramahan Pacitan mampu semakin dikenal luas dan menjadi destinasi unggulan di kawasan selatan Pulau Jawa. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Kota Malang Jadi Lokasi Keempat Pacitan Tourism Exchange, Ribuan Paket Wisata Terjual
Pewarta | : Rojihan |
Editor | : Ronny Wicaksono |